Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Pagar Gunung / SEJUMLAH PEJABAT IKUT PANEN PADI DI BANDUNG AGUNG

SEJUMLAH PEJABAT IKUT PANEN PADI DI BANDUNG AGUNG

Author : Armansyah 

PAGAR GUNUNG, LhL – Bertempat di Desa Bandung Agung, Kecamatan Pagar Gunung, diadakannya kegiatan panen raya atau panen perdana padi milik masyarakat yang bertani sawah di Desa Bandung Agung, Selasa (27/03/18).

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pertanian, Ir. H. Agustian Budiman MM., Kabid Tanaman Pangan , Camat Pagar Gunung, Jamitul Akhawani S.Sos., Danramil Koramil 405/07/PP (Terkul), Kapten Czi. Gunawan, KUPTD Pertanian, Kades Bandung Agung, PPL, Babinsa, UPTD Hutbun, UPTD Statistik dan Pemilik Lahan.

Kepala Dinas Pertanian, Ir.H.Agustian, mengatakan,  tanaman padi yang dipanen merupakan hasil dari program penanaman yang dilakukan oleh masyarakat yang bertani sawah tahun 2018 dengan menggunakan alat yang seadanya. 

Baca Juga  HADORI BERHARAP, PUSKESMAS PAGUN TERAKREDITASI DI AKHIR 2017

“Alhamdulillah, kendati tidak atau belum menggunakan alsintan canggih dan modern, namun berkat keuletan masyarakat petani maka saat ini bisa dirasakan panennya,” ujarnya. 

Agustian berharap, panen raya tersebut bisa meningkatkan swasembada beras di daerah, tidak hanya itu dengan panen padi bisa menciptakan masyarakat yang makmur. 

“Di sini saya sangat berharap, dengan adanya panen padi yang dilakukan secara kompak oleh kelompok tani, bisa membantu masyarakat dalam kehidupan berumah tangga”, ungkapnya.

Selain itu, selaku Camat Pagar Gunung, Jamitul Akhawani S.Sos, menerangkan, Panen perdana yang dilakukan oleh Dinas Pertanian serta diikuti oleh Kepala Desa Bandung Agung dan juga dari Koramil, adalah memanen padi lahan milik Muslimi dan Aswan warga Desa Bandung Agung. 

Baca Juga  BUPATI LAHAT BUKA ACARA PEMBENTUKAN KAMPUNG KB

“Lahan sawah milik kedua petani ini, yang dipanen kurang lebih mencapai 1,5 hektar, diikuti juga oleh masyarakat yang lain dari binaan kelompok tani Desa Bandung Agung, dengan dinamakan kelompok tani “Cinta Damai”, Jelasnya. 

Ditambahkan Jamitul, dirinya mengharapkan pada instansi terkait untuk memperbaiki saluran irigasi. 

“Karena petani di desa ini masih bertani secara tradisional dan sarana prasarana yang yang digunakanpun masih terbilang jauh dari canggih dan modern. namun setidaknya jika saluran irigasi diperbaiki, maka diharapkan akan membantu meningkatkan hasil panen padi dimasa akan datang”, tandasnya.

 

Editor : Zadi 

Check Also

BUPATI DAN WABUP SHOLAT JUM’AT BERSAMA MASYARAKAT DESA KARANG AGUNG

Author : Jang LAHAT, LhL – Usai menghadiri kegiatan silaturahmi di halaman Kantor Camat Pagar …

SMM Panel

APK

Jasa SEO