Home / Kec. Lahat Selatan / PETANI BANGGA DENGAN KEHADIRAN BABINSA DI SAWAH
IMG-20180316-WA0107_1

PETANI BANGGA DENGAN KEHADIRAN BABINSA DI SAWAH

Author : Hendry

LAHAT SELATAN, LhL – Kehadiran Bintara Pembina Desa (Babinsa) sangat dirasakan oleh petani, pasalnya setiap kali di sawah petani selalu dibantu oleh anggota TNI AD. Seperti yang dirasakan Andi salah seorang petani yang memiliki sawah di Desa Tanjung Payang Kecamatan Lahat Selatan, Jum’at (16/03/18).

Andi mengatakan, peran Babinsa untuk ikut menjaga dan mensukseskan ketahanan pangan, benar-benar direalisasikan. Selain ikut memberikan penyuluhan, para tentara ini juga ikut mendampingi petani. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada awal tanam sampai akhir datangnya masa panen.

“Dalam kegiatan keseharian Satuan Komando kewilayahan Koramil 405-12/Kota Lahat, terus melaksanakan peran dan kedekatannya sebagai Babinsa bersama masyarakat didalam menjalankan program pemerintah salah satunya dalam bidang upsus pertanian,” terang Andi.

Andi mewakili petani lainnya, sangat berterima kasih kepada Babinsa, yang telah membantunya dalam bercocok tanam dari awal bercocok tanam hingga masa panen. Kehadiran Babinsa disini memang sangat membantu para petani. Diakuinya mulai dari penanaman selalu diberikan cara yang terbaik agar padinya bisa tumbuh subur.

“Kami sangat bangga dengan Babinsa yang selalu mendampingi kami di sawah, mulai proses pengolahan lahan sampai dengan panen padi, hingga hasilnyapun sangat memuaskan, hal ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi petani,” terangnya. 

Sementara itu, salah seorang Babinsa yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, sebagai aparat teritorial, Babinsa mengajak para petani agar lebih bersemangat dalam bercocok tanam. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program pemerintah dalam pencapaian swasembada pangan.

“Disamping pendampingan pertanian, sekaligus untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui bidang pertanian, dengan kehadiran kami di desa binaan sebagai Babinsa dapat membantu masyarakat.

Ia menambahkan, dalam penyiapan dan peningkatan produktifitas pertanian bersama instansi dan dinas terkait sampai awal pengelolaannya dengan hasil yang akan di peroleh sesudah panen. Nantinya akan di beli oleh konsumen melalui kantor dinas maupun instansi yang ada.

“Yang mana, sudah ditunjuk melalui proses aturan dan ketentuan. Nantinya akan pergunakan dalam membantu masyarakat khususnya bagi ekonomi menengah kebawah,” terangnya.

Ia menambahkan, Babinsa selaku aparat teritorial merupakan ujung tombak TNI yang berada di seluruh wilayah desa binaannya yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, diharapkan mampu mendorong para petani yang ada di wilayahnya dalam rangka meningkatkan produksi pangan.

“Babinsa selaku motivator, yang harus mampu mengajak para petani untuk mendukung pencapaian program swasembada pangan nasional, dengan adanya program tersebut diharapkan harga beras di pasaran bisa berjalan normal sesuai aturan yang ditetapkan oleh pemerintah,” terangnya.

Editor : Zadi

Lihat Lainnya

IMG-20180508-WA0075

CIK UJANG KUNJUNGI WISATA AIR TERJUN TANGGE MANIK

Author : Tim ” Cik Ujang, Ajak Masyarakat Kenalkan Wisata Lahat “ LAHAT SELATAN, LhL …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!