Home / Kec. Pseksu / “MENEMBUS BATAS”, 4 PEMUDA TEMUKAN POTENSI ALAM CUGHUP PENEDAKAN
IMG-20180218-WA0070

“MENEMBUS BATAS”, 4 PEMUDA TEMUKAN POTENSI ALAM CUGHUP PENEDAKAN

Author : Sony

PSEKSU LhL – Kikim Area, begitu banyaknya alam jagat ini memberikan keindahan pemandangan yang dapat memanjakan mata manusia sebagai mahluk Tuhan yang teristimewa. Potensi wisata alam seperti Cughup (Air Terjun) misalnya, hingga me?mbuat diri merasa senang dan lebih tenang, bagi orang orang yang telah menjumpai tempat-tempat di mana lokasi cughup tersebut berada.

IMG-20180218-WA0071

Hal inilah yang dirasakan oleh ke empat orang pemuda yang berasal dari Dusun II Bemban Desa Lubuk Atung, Kecamatan Pseksu Kabupaten Lahat.

Adalah Arbi (28), Aan (17), Dedet (26) dan Pefki (17) para pemuda yang dimaksud tampak begitu bersemangat untuk mengunjungi sebuah lokasi pemandangan alam yang terletak di kawasan perbukitan wilayah Desa Tanjung Raya, Kecamatan Pseksu, Kabupaten Lahat

Kebanggaan tersendiri bagi ke empat orang tersebut, yang telah menghabiskan waktu seharian penuh di tempat yang dinamakan oleh masyarakat desa sekitar, Cuhhup Penendakan Cawang Sigai
( CPCS) pada awal pekan lalu.

Diceritakan Arbi, Minggu (18/2/18), kendati dalam perjalanan ekspedisi menggapai kepuasan wisata belantara mereka tersebut, ia dan rekan-rekannya harus menembus puluhan kilo melewati jurang terjal dan hutan rimba. Namun apa yang mereka dapatkan cukup membuat senang dirinya bersama ke tiga temannya pada saat mereka sampai ke tempat yang mereka tuju.

“Ya telah lama kami rencanakan untuk mengunjungi panorama alam ini, meskipun tempatnya jauh dari pemukiman desa, dan harus memakan waktu kurang lebih tiga jam dengan berjalan kaki. Tapi itu tak terasa, dan terbayarkan setelah kami menikmati alam yang masih asri dan sejukini, ” beber Arbi terhadap salah seorang awak media.

Di sisi lain Dedet juga merasa bangga bisa melihat pemandangan yang ada di Cughup Penendakan tersebut, dan ia juga mengharapkan kiranya tempat yang indah ini dapat perhatian dari pihak dinas pariwisata dan pemerintah, Supaya orang lainpun bisa mendatangi tempat yang indah ini.

“Sangatlah sayang jika panorama alam ini tidak dilestarikan dan dikembangkan, dan saya juga sangat lah berharap jika apa yang kami jumpai ini dapat juga dijumpai oleh masyarakat bayak seperti halnya menjadikan tempat ini obyek pariwisata”, ungkapnya saat ditemui di kediamannya di Dusun Bemban Desa Lubuk Atung, Kecamatan Pseksu, Kabupaten Lahat.

Dedet mengaku, dirinya sangat yakin jika panorama alam ini dikelola oleh pemerintah dan dinas pariwisata, maka bayak lagi pemandangan alam yang masih tersembunyi dan layak untuk dijadikan obyek wisata di tempat ini.

“Namun dikarenakan tempatnya yang cukup jauh untuk dijangkau oleh masyarakat, maka masyarakatpun enggan untuk menjumpai atau menikmati pemandangan yang ada. Jadi saya sangat mengaharapkan jika pemerintah dapat menjadikan tempat ini sebagai kawasan wisata, ” ujar Dedet sembari berharap.

Untuk diketahui, bahwa air terjun atau Cughup Penedakan inj medupakan air terjun tertinggi di kawasan Pseksu dengan beberapa tingkatan yang memukau mata bagi yang memandangnya.

Editor : Zadi

Lihat Lainnya

IMG-20180330-WA0004

MASYARAKAT DUSUN BEMBAN, BERINISIATIF PERBAIKI JALAN SETAPAK

Author : Ramson  LAHAT, LhL – Budaya gotongroyong terlihat masih sangat terjaga pada masyarakat perdesaan, …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!