Home / Kec. Pulau Pinang / PELANTIKAN PERANGKAT DESA TANJUNG MULAK DINILAI CACAT HUKUM
20180129_122211

PELANTIKAN PERANGKAT DESA TANJUNG MULAK DINILAI CACAT HUKUM

Author : Dafri
 
PULAU PINANG, LhL –  Proses pelantikan Perangkat Desa Tanjung Mulak Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat yang dihelat di dalam Masjid setempat pada tanggal 29 Februari lalu, diduga terdapat tiga orang perangkat desa bersumpah palsu dan dinilai cacat hukum.
Hal ini yang diungkapkan Ketua BPD Tanjung Mulak, Marsi serta warganya Achmad Ramadhan dan Febrianyah. Berdasarkan rekaman video yang diperlihatkan Marsi, nampak jelas prosesi pelatikan itu dipimpin langsung oleh Kepala Desa (Kades) Tanjung Mulak, Herlansyah dan diambil sumpah jabatan di bawah kitab suci Alqur’an oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Pulau Pinang, M. Rusyidi. S. Pd.i serta disaksikan Camat Pulau Pinang, Subhan Awali S. STP, Ketua BPD, Marsi dan masyarakat.
 
Sesuai Surat Keputusan (SK) Kades Tanjung Mulak nomor 140/02/KEP/TJM/2018 yang disetujui dan diberi SK oleh Camat Pulau Pinang bernomor 140 /06/PP/2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan perangkat Desa Tanjung Mulak ada 12 orang yang dilantik.
 
Kendati demikian, pada rekaman video itu ditemukan tiga perangkat desa yang diduga keras bersumpah palsu. Di antaranya Kasi Pelayanan Asman, Kaur Tata Usaha / Umum Edy Asperi, Hansip Laki-laki Betra Wansyah.
 
Sementara, kata Febriansyah, yang semestinya dilantik dan diambil sumpah di bawah Alqur’an sesuai dengan SK Kades Tanjung Mulak Nomor 140/02/KEP/TJM/2018 disetujui dengan SK Camat Pulau Pinang bernomor 140/06/PP/2018, yakni Kasi Pelayanan Herdiansyah, Kaur Tata Usaha/Umum Yogi Apriansyah.
 
“Dan Hansip laki-lakinya Didi Purnawansyah”, kata Febri.
 
Sedangkan Marsi menambahkan, bahwa masyarakat Desa Tajung Mulak mengutuk perbuatan Kades yang seharusnya menjadi panutan, tapi  justru menipu dan membohongi masyarakat serta undangan yang hadir saat prosesi dan pengambilan sumpah jabatan.
 
Tak hanya itu, warga lain, Achmad Ramadhan berharap agar pihak yang berwenang dapat mengambil tindakan hukum dan administrasi atas perbuatan oknum Kades yang jelas-jelas hal ini telah direncanakan sebelumnya.
 
Camat Pulau Pinang, Subhan Awali. S.STP saat dikonfirmasi mengaku telah menemui kejanggalan dalam prosesi pelantikan perangkat desa itu setelah dirinya dikonfirmasi oleh Ketua BPD Tanjung Mulak Marsi pagi harinya.
 
Tak terlalu lama, kemudian Camat mendapat konfirmasi dari Kades Tanjung Mulak Herlansyah yang membenarkan ada tiga orang perangkat desa yang dilantik kemarin namun tidak sesuai dengan SK yang telah disahkan dengan alasan satu orang sedang berada di kebun dan digantikan, namun Kades tidak memberikan alasan untuk yang dua orang perangkat lainnya.
 
Kepala KUA Pulau Pinang, M. Rusyidi. Spd.i saat dimintai tanggapannya membenarkan dirinya diundang oleh Kades untuk mengambil sumpah jabatan perangkat desa yang dilaksanakan di dalam Masjid Taqwa. Namun, secara teknis Ia tidak mengetahui ada tiga orang yang disumpah tidak sesuai dengan SK yang ada. 
 
Berikut nama-nama Perangkat Desa Tanjung Mulak Ulu yang dilantik berdasarkan SK Kepala Desa (Kades) Tanjung Mulak Nomor 140/02/KEP/TJM/2018 yang disetujui dan diberi SK oleh Camat Pulau Pinang dengan yang bernomor 140/06/PP/2018:
1.    Sekretaris Desa (Sekdes)  : Nirhansyah
2.    Kepala Seksi Pemerintahan : Ipaldi
3.    Kepala Seksi Kesejahteraan : Harpawi
4.    Kepala Seksi Pelayanan : Herdiansyah
5.    Kepala Dusun I : Dinharta
6.    Kepala Dusun (Kadus) II : Hairul Nika
7.    Kepala Dusun (Kadus) III : Agustian
8.    Kepala Urusan Keuangan : Feni Oktarina
9.    Kepala Urusan (Kaur) : Winda Yuliana
10. Kepala Urusan (Kaur) Tata Usaha Umum : Yogi Apriansyah
11. Hansip Perempuan : Ismi Marlista
12. Hansip Laki-laki : Didi Purnawansyah.
 
Sementara, saat prosesi pelantikan dan sumpah jabatan ada 3 perangkat desa yang diduga keras tidak sesuai dengan SK baik dari Kades Tanjuk Mulak maupun dari Camat Pulau Pinang, diantaranya:
1.    Berdasarkan SK Kades Tanjung Mulak Nomor 140/02/KEP/TJM/2018 disetujui dengan SK Camat Pulau Pinang bernomor 140/06/PP/2018, yakni: Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan :Herdiansyah. Namun, yang dilantik dan diambil sumpah jabatan adalah Asman
 
2.    Berdasarkan SK Kades Tanjung Mulak Nomor 140/02/KEP/TJM/2018 disetujui dengan SK Camat Pulau Pinang bernomor 140/06/PP/2018, yakni: Kepala Urusan (Kaur) Tata Usaha / Umum : YogiApriansyah.
Namun, yang dilantik dan diambil sumpah jabatan adalah Edy Asperi.
 
Berdasarkan SK Kades Tanjung Mulak Nomor 140/02/KEP/TJM/2018 disetujui dengan SK Camat Pulau Pinang bernomor 140/06/PP/2018, yakni Hansip Laki-laki : Didi Purnawansyah Namun, yang dilantik dan diambil sumpah jabatan adalah Betra Wansyah.
 
Editor : Zadi

Lihat Lainnya

IMG-20180817-WA0131

DESA MUARA SIBAN ISI MOMEN HUT RI DENGAN BERBAGAI LOMBA

Author : Ferdi PULAU PINANG, LhL – Dalam rangka memeriahkan HUT RI KE 73 Pemerintah …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!