Home / Kec. Merapi Selatan / DIDUGA TERIMA “SUAP”, KADES PERANGAI DIKELUHKAN WARGA
IMG-20180128-WA0081

DIDUGA TERIMA “SUAP”, KADES PERANGAI DIKELUHKAN WARGA

# Terkait Izin Limbah #

IMG-20180128-WA0083

Author : Man

MERAPI SELATAN, LhL – Sebagian warga Desa Perangai, Kecamatan Merapi Selatan, Kabupaten Lahat merasa kecewa dan menyesalkan sikap Kepala Desa (Kades)nya, ANT yang diduga telah menyalahgunakan jabatannya atas  izin limbah PT. Era dengan membelah aliran sungai Laru di kawasan desa tersebut.

Data yang terhimpun, dalam konteks “Mengizinkan” oknum Kades beserta perangkatnya diduga menerima gratifikasi alias uang suap sebesar Rp.150 juta, yang tanpa sepengetahuan masyarakat dan tidak ada musyawarah, sehingga warga desa tidak bisa lagi memanfaatkan sungai tersebut untuk kebutuhan hidup.

IMG-20180128-WA0084

Menurut nyanyian Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Perangai, Edwin mengatakan, selama menjabat Kades dimaksud tidak pernah melayani masyarakat. Bahkan jarang sekali ada di tempat saat warga membutuhkannya. Parahnya lagi terkait adanya operasional PT ERA, kades malah memanfaatkan jabatannya dengan menyalahgunakan wewenang, khususnya terkait aliran limbah. Padahal sebelumnya ditegaskan, limbah tersebut tidak boleh dibuang ke sungai.

“Faktanya, mereka malah ingkar janji dengan sengaja membelah aliran sungai dan hal ini diketahui kades. Ironisnya, kades beserta perangkatnya malah mendapat suap sebesar Rp.150 Juta dan kami ada bukti photonya,” ujarnya.

Tak sebatas itu, beber Edwin, oknum Kades Perangai juga tidak pernah melakukan musyawarah dalam setiap rencana pembangunan desa yang menggunakan Dana Desa (DD), sehingga membuat masyarakat semakin resah.

“Harapan kami, yang bersangkutan dapat mempertanggung jawabkan perbuatannya. Hal ini jelas membuat warga kecewa, padahal kami telah banyak berkorban untuk memenangkan dia pada waktu Pilkades tenpo hari,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ir. H. Misri mengungkapkan, pihaknya secepat mungkin akan ke lokasi untuk memastikan, apakah benar limbah PT Era telah menyalahgunakan kewenangan ini, dengan membelah sungai.

“Jika benar, tentu Pemkab Lahat tidak akan diam dan akan ada sanksi tegas yang diberikan. Sedangkan untuk indikasi gratifikasi atau pungli seperti yang dilaporkan, bukan wewenang DLH. Hal itu kita serahkan kepada pihak berwajib, seperti Polisi dan kejaksaan,” pungkasnya.

Editor : Zadi

Lihat Lainnya

IMG-20180503-WA0072

TETUA LUBUK BETUNG JAMIN CAHAYA MENANG

Author : Armasyah MERAPI SELATAN, LhL – Kedatangan Cawabup Lahat Nomor urut tiga, H Haryanto …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!