Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Pagar Gunung / PETANI SAWAH DI PAGUN TERANCAM GAGAL PANEN

PETANI SAWAH DI PAGUN TERANCAM GAGAL PANEN

Author : Armansyah 
PAGAR GUNUNG, LhL –  Hampir seluruh petani sawah yang ada di Kecamatan Pagar Gunung, terancam gagal panen, khususnya petani sawah yang ada di Desa Merindu.  Pasalnya, sawah milik para petani ini didatangi oleh hama sejenis hewan yang biasa disebut dengan nama ‘kepi’.

Hewan kepi tersebut berbentuk hitam berbau tidak sedap, membuat para petani sangat kesal dan kecewa,  kepi ini menyerang sawah petani dengan cara menggigit batang padi, sehingga bisa membusuk dan tumbuh tidak sempurna tidak hanya itu daun batang padi pun juga bisa cepat menguning. 

Baca Juga  PAGUN GELAR UPACARA PERINGATI HUT PGRI, KORPRI, HGN DAN HKN

Herlan (38)  petani sawah Desa Merindu mengatakan, dirinya sangat mengeluh dengan adanya hewan kepi yang bisa mengakibatkan  gagal panen. 

“Saya sangat kecewa sekali dengan adanya hama hewan kepi ini,  sebab hama ini membuat tanaman padi tidak bisa tumbuh dengan subur. Jika padi tidak tumbuh dengan baik maka, para petani akan menjerit atas hasil panen padinya,” ungkapnya saat dibincangi, Rabu (24/01/18).

Sementara itu, Sarman (32) termasuk petani sawah menerangkan,  hewan kepi ini sudah beberapa kali di lakukan oleh para petani untuk di basmi dengan menggunakan racun. 

“Kami sudah lakukan penyemprotan racun hama, namun racun tersebut bisa mengusir hama kepi hanya sementara cuman 2 hari atau 3 hari, kemudian hama kepi akan kembali lagi menyerang batang padi,”  jelasnya. 

Baca Juga  BUPATI LAHAT, MELANTIK PJS SERTA BPD KECAMATAN PAGAR GUNUNG

Dengan demikian, sambung Sarman, terlihat di lokasi areal persawahan kondisi tanaman padi milik seluruh  petani memang sangat mengkhawatirkan, sudah banyak sekali batang padi yang tumbuhnya tidak subur dan daun padinya  menguningsehingga bisa mengakibatkan kegagalan panen. 

“Para petani sawah saat ini masih berusaha mencari solusi bagai mana cara membasmi hewan kepi, supaya tidak mengganggu tanaman padi di sawahnya,” pungkasnya. 
Editor : Zadi

Check Also

BUPATI DAN WABUP SHOLAT JUM’AT BERSAMA MASYARAKAT DESA KARANG AGUNG

Author : Jang LAHAT, LhL – Usai menghadiri kegiatan silaturahmi di halaman Kantor Camat Pagar …

SMM Panel

APK

Jasa SEO