Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / ANGGA SI PENEMPUH RIMBA, TERNYATA ASAL LAHAT

ANGGA SI PENEMPUH RIMBA, TERNYATA ASAL LAHAT

Author : Hendry

LAHAT, LhL – Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung WANADRI didirikan pada tanggal 17 Januari 1964 oleh 6 orang pemuda “bekas PANDU”, yang kemudian dikenal dengan sebagai Angkatan Pendiri. Dengan berbekal visi akan pemuda-pemudi Indonesia yang tangguh, tabah, serta percaya pada kekuatan diri sendiri. WANADRI kemudian diresmikan pada tanggal 16 Mei 1964.

Bersamaan dengan peresmian tersebut dikukuhkan juga angkatan kedua dalam organsasi WANADRI, yakni Angkatan Pelopor yang terdiri dari 25 anggota. Nama WANADRI berasal dari bahasa Sanskerta, wana yang berarti hutan dan adri yang berarti gunung. WANADRI, secara harfiah berarti gunung di tengah-tengah hutan.

Baca Juga  Seleksi Paskibraka Tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional Resmi Dibuka Oleh PJ Sekda Lahat

“Angga Kusuma seorang putra Lahat, tepatnya anak Talang Jawa adalah Ketua Wanadri ke-25 yang membawa nama harum Lahat di kancah Nasional. Masuk Wanadri tahun 2010. Kemudian menjalani program ikut terlibat dalam ekspedisi Bukit Barisan (Wanadri dan Kopassus) di tahun 2011. Setelah itu pada tahun 2012 melakukan ekspedisi pemanjatan tebing Tondoyan di Kalimantan Timur”, ungkap ketua Panoramic of Lahat Mario Minggu, (21/01).

Mario menjelaskan, Wanadri adalah organisasi penempuh rimba dan pendaki gunung yang didirikan secara resmi di Bandung pada 16 mei 1964. Wanadri sendiri organisasi yang menggunakan alam terbuka sebagai media pendidikan anggotanya.

Baca Juga  PEMUDA DIMINTA "PERANG" TERHADAP NARKOBA DAN KOBARKAN SEMANGAT MEMBACA

“Angga merupakan ketua Wanadri yang ke-25. Dan pernah bertemu dengan presiden RI. Waktu bertemu Jokowi itu, Angga sebagai ketua wanadri diundang rapat terbatas dengan pemerhati lingkungan lainnya membahas tentang revitalisasi Sungai Citarum”, jelasnya.

Tidak berhenti sampai disitu, sambung Mario, Angga pun sempat diundang keacara Tv swasta INews TV, pada waktu sosialisasi program wanadri di tahun 2018.

“Dalam acara itu, membahas programnya pendidikan dasar wanadri 2018 dan festival Puncak Papua yang berkolaborasi dengan Indonesia mengajar”, tutupnya.

Editor : Zadi

Check Also

Tak Kenal Capek, Dalam Sehari Yulius Maulana Hadiri Sejumlah Undangan di Tiga Kecamatan

Author : Ujang LAHAT, LhL – Bak tak mengenal lelah, Calon Bupati Lahat 2024-2029 dengan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO