Home / REGIONAL / EMPAT LAWANG / HEBAT, WARGA MEKARJAYA BUAT RUMAH BERGOTONG ROYONG

HEBAT, WARGA MEKARJAYA BUAT RUMAH BERGOTONG ROYONG

Author : Kayan

EMPAT LAWANG, LhL – Kendati jaman sudah modern, namun pro aktif dalam mempertahankan tradisi masih terdapat di Kabupaten Empat Lawang. Dari sekian banyak tradisi yang ada di Kabupaten Empat Lawang, salah satu yang masih dipertahankan sampai sekarang ini adalah tradisi gotong royong. Seperti yang dilakukan masyarakat Desa Mekar Jaya III.A Kecamatan Tebing Tinggi, yang terpantau pada Senin (01/01/18) Sekitar Pukul 08 :15 Wib.

Selain kekeluargaan yang masih sangat erat, masyarakat pun dengan senang hati membantu dan bercengkrama dengan warga lain, saat ada warga baru hendak membuat rumah di Desa Mekar Jaya Kecamatan Tebing Tinggi Empat Lawang Khususnya.

Baca Juga  PEMBUKAAN MTQ EMPATLAWANG BERJALAN HIKMAD

Zakaria (50), salah seorang warga Desa Mekar Jaya yang dituakan sekaligus kepala tukang rumah kayu. sengaja mengajak masyarakat sekitar untuk gotong royong saling membatu dalam pembuatan rumah warga baru.

“Mempertahankan tradisi leluhur, merupakan salah satu yang masih junjung tinggi masyarakat kita sampai saat ini dalam hal apapun itu. Seperti hari ini, kami membuat rumah secara bersama-sama tanpa meminta imbalan kepada pemilik rumah,” katanya.

Selaku yang dituakan dan yang menjadi kepala tukang, ia juga yang merancang dari awal hingga pelaksanaan pembuatan rumah tersebut.

Baca Juga  PERDANA HELAT PELATIHAN JURNALIS DI EMPATLAWANG

“Kebetulan saya yang dituakan disini, jadi dari awal perencanaan sampai tahapan pelakasanaan pembuatan kami yang merancang sampai siap dihuni,” terusnya.

Zakaria berharap dengan adanya tradisi gotong royong seperti ini, bisa diteruskan oleh generasi penurus yaitu anak-anak muda Desa Mekar Jaya.

“Saya berharap kepada generasi muda di Desa Mekar Jaya, khususnya Dusun IV ini, agar bisa meneruskan tradisi gotong royong, bukan hanya sekedar dalam membuat rumah, tapi juga bisa kompak dalam hal apa pun itu,” pungkasnya.

Editor : Zadi

Check Also

Event Burung Berkicau Bupati Cup Empat Lawang 2022, Diikuti Ratusan Peserta dari Pulau Sumatera dan Jawa

Author : Tim EMPAT LAWANG, LhL – Untuk pertama kalinya setelah pasca pandemi Covid-19, lomba …

SMM Panel

APK

Jasa SEO