Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Merapi Barat / 3 HARI DICARI, AKHIRNYA JASAD BAYU DITEMUKAN

3 HARI DICARI, AKHIRNYA JASAD BAYU DITEMUKAN

Author : Ron

MERAPI BARAT, LhL – Setelah dilakukan pencarian selama tiga hari sejak malam Jumat hingga Minggu, (03/12/2017) pagi, akhirnya tim SAR gabungan dan warga berhasil menemukan jasad seorang warga Desa Ulak Pandan, Kecamatan Merapi Barat, Bayu yang hanyut di Sungai Lematang sejak Kamis malam Jumat lalu. Bayu diduga korban hanyut saat ingin menyusul teman temannya yang sedang mengambil kayu di seberang Sungai Lematang.

“Korban ditemukan pertama kali oleh Husein, warga Desa Kebur Kecamatan Merapi Barat. Saat itu Husein ingin melihat jaringnya yang sudah dipasang sebelumnya di sungai Lematang. Tiba tiba dirinya dikejutkan dengan adanya sesosok mayat yang mengapung di dekat jaringnya. Melihat itu, kemudian dirinya meminta bantuan warga untuk mengevakuasi mayat tersebut,” ungkap HN seorang warga sekitar.

Baca Juga  POLRES LAHAT TANGKAP NOPRIADI KARENA SABU

Saat ditemukan, kata HN, korban tersebut sedang mengapung di pinggiran sungai, yang lokasi penemuannya tidak jauh dari lokasi ternak ayam di Desa Kebur. Waktu ditemukan kondisi korban sudah tercium bau yang tidak sedap.

“Ya… betul, korban saat ditemukan dalam keadaan penuh lumpur, kemungkinan karena sudah berada empat hari di dalam Sungai Lematang, dan waktu ditemukan sudah tercium aroma yang kurang sedap,,” ungkapnya.

Koordinator pos SAR Pagaralam, Iwan Saputra mengatakan, operasi hari ini terhadap yang membahayakan jiwa manusia satu orang tenggelam di sungai Lematang, saat ini korban berhasil dievakuasi oleh tim Basarnas gabungan pada pukul 08.20 wib. 

“Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia sekitar 9 km dari lokasi kejadian. Koordinat.3° 45′ 51″ S / 103° 39′ 17″ E kemudian mayat korban lansung dibawa ke rumah duka,” ungkap Iwan.

Baca Juga  Pj Bupati Lahat Hadiri Musrenbang RKPD Lahat 2025 Merapi Area

Dalam pencarian korban, kata Iwan, melibatkan beberapa unsur yaitu Tim Basarnas pos SAR Pagaralam, BPBD Kabupaten Lahat, Polres Lahat/Polsek Merapi dan dibantu masyarakat setempat. Sulitnya medan pencarian sempat menghambat tim penyelamat yang mencari sejak Jum’at, (30/11/2017). 

Sehingga Tim evakuasi di bagi 4 dalam melakukan pencarian pada hari ketiga dengan cara circle di lokasi yang dicurigai kemungkinan adanya korban, dan penyisiran di perluas dari tempat kejadian kecelakaan ke arah utara sungai dengan radius 15 km.

“Alhamdulillah setelah pencarian di hari keempat membuahkan hasil, korban dapat ditemukan dan sudah dibawa kerumah duka. Demikian sebagai laporan pencarian pada hari keempat. Operasi SAR di tutup, Tim Basarnas gabungan kembali kesatuan masing masing,” terangnya.

Editor : Zadi

Check Also

Tim Keluarga YM Beri Bantuan Beras, Warga Merapi : Terima Kasih Pak Yulius Maulana

Author : Ujang MERAPI TIMUR, LhL – Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H, …

SMM Panel

APK

Jasa SEO