Home / Kec. Merapi Selatan / BKSDA SUMSEL GELAR KEMAH KONSERVASI DAN FOTOGRAFI ALAM LIAR
IMG-20171202-WA0026

BKSDA SUMSEL GELAR KEMAH KONSERVASI DAN FOTOGRAFI ALAM LIAR

Author : HENDRIADI

MERAPI BARAT, LhL – Bertempat Hutan Suaka Alam Pusat Pelatihan Gajah Kelompok Hutan Isau pisau (HSA PLG KH Isau isau), Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan. Dengan luas wilayah kawasan HSA PLG KH Isau-isau seluas 210 (dua ratus sepuluh) hektar adalah salah satu kawasan konservasi yang dikelola oleh BKSDA Sumatera Selatan.

“Dilokasi inilah kita akan menggelar kemah konservasi dan fotografi alam liar. Keadaan topografi kawasan HSA PLG KH Isau-Isau secara umum adalah datar sampai bergelombang dengan kemiringan lereng berkisar antara 0 – 30% dan terletak di ketinggian 15 – 125 m dpl. Para peserta kegiatan akan didampingi oleh ketua kelompok yang sudah menguasai wilayah tersebut,” ungkap Martialis Puspito KM salah seorang Instansi BKSDA wilayah II Sumatera Selatan, Sabtu (02/12/2017).

Martialis menambahkan, sebelumnya memang sudah dijadwalkan kegiatan ini, dari hari Jum’at, 1 Desember 2017. Pukul 14.30 wib – 15.30 wib Registrasi ulang peserta, 15.30wib – 16.15 wib Pembukaan dan briefing peserta, 16.15 wib – 18.00 wib Hunting sore (landscape, potensi keanekaragaman hayati, sunset), 18.00wib – 19.00 wib Ishoma, 19.00 wib – 22.00 wib Api unggun, ramah tamah, hunting malam (satwa nocturnal, potensi keanekaragaman hayati),22.00 wib – 04.30 wib

Lalu Pengecekan peserta, Istarahat. Kemudian pada hari Sabtu, 2 Desember 2017 04.30 – 06.00 Hunting Pagi (sunrise, landscape, potensi keanekaragaman hayati), 06.00 – 07.00
Makan pagi, briefing peserta,07.00 – 08.00. Hunting Tematik (aktivitas gajah mandi, interaksi pawang dengan gajah), 08.00 – 09.00

Terus Hunting tematik (Latihan gajah, interaksi pawang dengan gajah), 09.00 – 10.30 Hunting siang (landscape, potensi keanekaragaman hayati, aktivitas gajah),10.30 – 12.00 Pengumpulan foto, 12.00 – 13.00 Istirahat, sholat, makan 13.00 – 13.30 Penutupan acara.

“Nantinya hasil dari kegiatan ini akan dinilai oleh para juri yang sudah berpengalaman dibidangnya. Untuk juri foto

Ruli Amrullah (Dosen Fotografi UIN Raden Patah Palembang), Pungky Nanda Pratama (Animal Indonesia), Anggi Karuniawan Wibowo (Komunitas Fotografi Lahat), Martialis Puspito KM (BKSDA Sumatera Selatan),” terangnya.

Masih kata Martialis, para peserta sudah difasilitasi oleh panitia berupa mendapatkan Kaos kegiatan, Konsumsi selama kegiatan, Tempat menginap, berupa tenda besar (tenda komando), Penjemputan peserta dari titik kumpul ke lokasi (PP) bagi pemenang nantinya akan mendapatkan Hadiah dan trophy.

“Dalam kegiatan ini para peserta mesti membawa perlengkapan seperti Kamera (DSLR/ Mirrorless/ Prosummer), Baju ganti, Alat mandi, Alat ibadah, Sepatu, Jas hujan, Topi, Gelas, Sendok makan, Jaket, Senter, Matras, Sleeping Bag atau selimut, tenda doom, hammock, cooking set, kompor portable (tidak wajib) dan Obat pribadi (bagi yang ada riwayat penyakit khusus) boleh membawa obat tersebut. Dan saya ucapkan terimakasih kepada para peserta yang sudah antusiasme telah mengikuti kegiatan ini,” terangnya.

Sementara itu Rohman mewakili panitia, mengucapkan selamat datang, mudah mudahan peserta yang hadir dapat melakukan kegiatan dengan sebaik baiknya.

“Saya mewakili dari panitia menghaturkan permohonan maaf apabila kesalahan atau ada kekurangan dalam penyambutan. Kepada peserta apabila ingin mengambil foto dengan gajah atau satwa liar lainnya, silahkan lapor pada peserta dan meminta pawang untuk mendampinginya. Kami harapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Rohman menambahkan, terimakasih kepada teman teman atas antusiasme yang sudah mengikuti kegiatan ini, melalui kegiatan konservasi ini teman teman dapat mengambil foto dan dapat melakukan interaksi pada suaka alam.

“Tujuan kita melaksanakan kegiatan ini untuk mengenalkan wisata alam khususnya Hutan Suaka Alam Pusat Pelatihan Gajah Kelompok Hutan Isau pisau (HSA PLG KH Isau isau). Melalui peran teman teman semua kita dapat mengenalkan wisata alam ini. Harapan kita semoga teman teman suka mengikuti kegiatan ini,” tutupnya.

Editor : ZADI

Lihat Lainnya

IMG-20180503-WA0072

TETUA LUBUK BETUNG JAMIN CAHAYA MENANG

Author : Armasyah MERAPI SELATAN, LhL – Kedatangan Cawabup Lahat Nomor urut tiga, H Haryanto …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!