Home / Kec. Merapi Selatan / LUBUK BETUNG LAKSANAKAN MUSRENBANGDES
IMG-20171128-WA0014

LUBUK BETUNG LAKSANAKAN MUSRENBANGDES

Author : HENDRIADI

MERAPI SELATAN, LhL – Bertempat di Masjid Nurrohman Desa Lubuk Betung Kecamatan Merapi Selatan, telah berlangsung kegiatan rapat Koordinasi dalam rangka membahas masalah Anggaran Dana tahun 2018 dan program kerja tahun 2018.

Hadir dalam kegiatan musyawarah desa ini Camat Merapi Barat Gemris Palo, SIP, MM, Kapolsek Merapi AKP Sofiyan Ardeni, SH diwakili Kanit Binmas Aiptu Jujun Junara, Kades, Ketua BPD beserta anggotanya, Karang Taruna dan masyarakat setempat, Selasa (28/11/2017).

Camat Merapi Selatan, Gemris Palo, SIP, MM mengatakan, hari ini sedang melaksanakan musyawarah desa, musyawarah ini untuk melaksanakan program/kegiatan tahan 2018 mendatang.

“Musyawarah ini diadakan untuk menampung usulan masyarakat, selajutnya usulan ini kita tentukan skala prioritasnya. Kemudian dituangkan dalam APBDes. Arah pengunaan dana desa adalah untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat termasuk perbaikan lingkungan desa. Dan diminta paling tidak ada satu BUMDes sehingga dana desa dapat memberikan manfaat untuk penanggulan kemiskinan, memperbaiki sarana prasarana dan dapat menciptakan peluang usaha pada masyarakat,” terangnya.

Gemris menambahkan, musyawarah perencanaan tahun ini di tingkat desa untuk membahas dan menyepakati usulan kegiatan pembangunan hasil musyawarah desa. Hasil dari musyawarah desa akan diusulkan di tingkat Kecamatan. Tujuan umum pelaksanaan kegiatan musrenbang Desa yaitu mendorong partisipasi masyarakat Desa dalam menyusun perencanaan pembangunan tahunan di tingkat desa.

“Tujuan Musrenbang Desa untuk menyepakati prioritas kebutuhan dan kegiatan yang termasuk urusan Pembangunan yang menjadi wewenang desa yang menjadi bahan penyusunan rencana kerja di desa. Prioritas kegiatan desa yang akan dilaksanakan oleh warga desa yang dibiayai melalui dana swadaya masyarakat dan dikoordinasikan oleh lembaga  di desa setempat. Prioritas kegiatan desa yang akan dilaksanakan desa sendiri yang dibiayai melalui dana bantuan dari pemerintah daerah,” terangnya.

Kemudian itu, Kanit Binmas Aiptu Jujun Junara mengatakan, hari ini melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrenbangdes) 2017 untuk tahun anggaran 2018. Para pelaku pembangunan dari mulai Perangkat Desa, BPD, Tokoh Masyarakat dan dihadiri juga Camat dan tim dari Kecamatan berbagi hati dan pemikiran untuk menindaklanjuti Perencanaan Pembangunan desa tersebut.

“Beberapa usulan tokoh masyarakat ikut mewarnai kegiatan ini yang dengan suasana hangat dan bersahabat di tanggapi oleh pihak kecamatan maupun pihak desa sehingga nampak komunikasi dua arah yang berjalan baik sehingga terbangunnya usulan yang di rencanakan menjadi skala prioritas untuk usulan RPJMDes maupun Musrenbangdes 2017 untuk Tahun Anggaran 2018. Selanjutnya menyampaikan bahwa, MOU yang dibuat tersebut meliputi beberapa ruang lingkup, antara lain, pembinaan penguatan kapasitas aparatur pemerintah desa dan masyarakat dalam pengelolaan dana desa, pemantapan dan sosialisasi regulasi pengelolaan dana desa, dan penguatan pengawasan dana desa, saat musyawarah berlangsung situasi aman, tertib dan lancar,” terangnya.

Editor : ZADI

Lihat Lainnya

IMG-20180503-WA0072

TETUA LUBUK BETUNG JAMIN CAHAYA MENANG

Author : Armasyah MERAPI SELATAN, LhL – Kedatangan Cawabup Lahat Nomor urut tiga, H Haryanto …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!