Home / PEMPROV SUMSEL / SINERGI TOKOPEDIA DAN PEMPROV SUMSEL DEMI WUJUDKAN PEMERINTAH EKONOMI DIGITAL

SINERGI TOKOPEDIA DAN PEMPROV SUMSEL DEMI WUJUDKAN PEMERINTAH EKONOMI DIGITAL

Author : Ujang
PALEMBANG, LhL  – Setelah berhasil meluncurkan Laman Kota Bandung, Semarang dan Jakarta, Tokopedia bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan meluncurkan Laman Kota Palembang. Halaman khusus bagi UMKM asal Palembang yang terintegrasi langsung dengan Tokopedia ini diresmikan di Emilia Hotel by Amazing Palembang oleh COO Tokopedia Leontinus Alpha Edison dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin pada Jumat (28/7/2017).
Alex yang ditemui usai acara mengungkapkan, “Palembang, Sumatera Selatan memiliki potensi untuk berkembang lewat kekayaan produk lokalnya. Dari berbagai sumber daya yang tersedia, Palembang, Sumatera Selatan bisa berkontribusi mengangkat karya anak negeri hingga tersohor ke seluruh penjuru negeri.”COO Tokopedia Leontinus Alpha Edison di sisi lain mengatakan bahwa UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia dengan kontribusi hingga 58% terhadap GDP Indonesia, namun kebanyakan masih offline.
Padahal saat ini ada lebih dari 100 juta pengguna internet di Indonesia yang menjadi pasar sangat menjanjikan menurutnya.“UMKM yang belum goes online bukan sekadar membutuhkan akses ke pasar. Hal yang tidak kalah penting adalah pelatihan sehingga produk memiliki daya saing, akses ke infrastruktur dan tidak jarang akses ke permodalan. Kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan inilah yang akan menjadi solusi hulu ke hilir,” tambah Leon.
Tokopedia juga optimis terhadap kerja sama ini karena sebelum kerja sama saja transaksi masyarakat Palembang di Tokopedia sudah terjadi secara sangat signifikan. Sepanjang bulan Juni 2017 kemarin, lewat platform Tokopedia, masyarakat Palembang sudah berhasil menjual sebanyak 27.333 produk ke seluruh Indonesia dan membeli sebanyak 145.624 produk dari berbagai pelosok Indonesia. “Hal ini berarti Palembang telah membantu terciptanya 172.957 (data Tokopedia per 26/7/2017 pukul 13.27 WIB) peluang dan kepercayaan di Indonesia sepanjang bulan Juni 2017 kemarin,” imbuh Leon.
Laman Kota sendiri merupakan sebuah inisiatif yang dilakukan oleh Tokopedia dengan pemerintah kota setempat dalam menunjang ekonomi inklusif, sesuai dengan program Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian Republik Indonesia dan misi Presiden Jokowi dalam mewujudkan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020, dengan target potensi pasar sebesar 130 miliar USD.Dalam acara peresmian Laman Kota Palembang,
Leon menegaskan bahwa kerja sama ini hanyalah permulaan dari masa depan open government yang transparan, cashless society yang penuh kemudahaan, serta smart city yang berbasis big data.Leon membayangkan bagaimana subsidi-subsidi dari pemerintah setempat bisa dimonitor secara real time atau kemudahan hidup yang bersifat cashless society dimana pembayaran SIM, tilang, uang sekolah, biaya pembuatan passport, uang keamanan dan sebagainya bisa dilakukan secara online dimana saja kapan saja, hingga pemanfaatan big data dari transaksi jual beli online yang terjadi di wilayah ini dalam pengambilan kebijakan yang lebih tepat sasaran.
“Lewat big data yang dimiliki oleh Tokopedia, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bisa menganalisa produk-produk asal Palembang apa yang diminati dari seluruh Indonesia, demikian juga apa yang diminati oleh masyarakat Palembang. Hal ini bisa membantu pengambilan keputusan, misalnya untuk mendorong sektor-sektor industri kecil menengah yang bisa mengurangi ketergantungan Palembang terhadap produk impor atau inisiatif lainnya yang mendukung perkembangan UMKM, sekaligus mendorong ekonomi inklusif,” tutupnya. Editor : Andri
Baca Juga  Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445, Pemprov Sumsel Gelar Pasar Murah dan Kriya Sriwijaya Ramadhan Sale 2024

Check Also

Safari Jum’at Pj Gubernur Sumsel Fatoni di Masjid Nur Iman Ario Kemuning Palembang

Author : Elan A PALEMBANG, LhL – Melanjutkan safari shalat Jum’at yang dilaksanakan oleh Penjabat …

SMM Panel

APK

Jasa SEO