Home / REGIONAL / EMPAT LAWANG / BUPATI EMPAT LAWANG SIAPKAN REWARD JIKA CAMAT MAMPU KENDALIKAN OT

BUPATI EMPAT LAWANG SIAPKAN REWARD JIKA CAMAT MAMPU KENDALIKAN OT

Author : RIADI

EMPAT LAWANG, LhL – Disetiap pernikahan kebiasaan pihak pengantin menyediakan/memanggil hiburan, salah satunya Orgen Tunggal (OT) yang kebanyakan diselenggarakan pada malam hari, padahal hiburan Organ Tunggal merupakan salah satu yang dilarang karena dapat memicu penyakit masyarakat (Pekat), hal ini sudah dilakukan tindakan tegas oleh pihak Kepolisian Resor (Polres) Empat Lawang. Bahkan sebelumnya Kapolres sudah keluarkan maklumat melarang OT pada malam hari.

Kapolres Empat Lawang, AKBP Bayu Dewantoro mengatakan, pihaknya sudah sangat serius dalam melaksanakan penanganan terhadap OT, khususnya di wilayah hukumnya. Namun, untuk memberantas hal tersebut pihak kepolisian menyatakan tidak dapat bekerja sendiri, harus dibantu dengan pihak terkait dan masyarakat.

“Kami butuh kerja sama seluruh pihak, baik itu dari pemerintah maupun dari masyarakat. Kalau kami sendiri yang menindak maka yang muncul malah kucing-kucingan,” ujar Bayu, Senin (17/07,/2017).

Baca Juga  KHAWATIR MENCELAKAKAN WARGA, KAPOLSEK MERAPI KOMANDOI ANGGOTANYA BANTU WARGA TEBANG POHON MEMBAHAYAKAN

Menurut hematnya, selain dilakukan penindakan, perlu juga dibenahi akhlaq dari masyarakat itu sendiri. Kalau masyarakat berbudi pekerti yang baik dan tidak mengadakan OT pada malam hari, tentu Pekat akan habis. 

“Apalagi kalau masyarakat dan ulama mau bersama-sama. Saya yakin cepat sekali teratasi. OT malam itu salah satu sumber masalah. Tindak kriminalitas bisa terjadi akibat pesta malam itu. Termasuk miras, judi dan narkoba ada didalamnya. Makanya dari itu saya mengajak semua kalangan untuk memerangi ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Empat Lawang H Syahril Hanafiah mengatakan, dalam pemberantasan OT malam, pihaknya sering terkendala lantaran ada saja masyarakat yang minta untuk menahan agar OT tidak dibubarkan. Namun, selaku orang nomor satu di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati ini berjanji untuk mengatasi masalah ini dengan bijak. 

Baca Juga  SETELAH OTT PUNGLI, PLANTARI MINTA KADISDUKCAPIL DICOPOT DARI JABATANNYA

“Kecuali kalau masyarakatnya mau konsekuensi dan bekerja sama tidak ada perjudian, miras dan narkoba. Seperti dahulu yang pestanya selalu tertib. Baru kita izinkan,” tegasnya. 

Mantan Kadisdik Empat Lawang ini mengungkapkan, upaya dalam penindakan pesta malam tersebut, dirinya akan menekankan seluruh camat untuk menjaga setiap wilayah masing-masing dari OT malam. 

“Kita akan adakan reward camat teladan, khususnya bagi camat yang bisa memberantas OT pada malam hari tersebut,” tutupnya 

Editor : YADI

Check Also

Author : Elan PALEMBANG, LhL – Polda Sumsel memberikan keterangan resmi terkait kasus oknum polisi …

SMM Panel

APK

Jasa SEO