Home / Kec. Kikim Tengah / PHK SEPIHAK, PULUHAN MASSA SBPKS HADANG ANGKUTAN SAWIT PT. SMS
IMG-20170701-WA0057

PHK SEPIHAK, PULUHAN MASSA SBPKS HADANG ANGKUTAN SAWIT PT. SMS

Author : Ron

KIKIM TENGAH, LhL – Diduga sebagai buntut dari tuntutan penyesuaian kelebihan jam kerja yang disampaikan oleh ratusan karyawan PT. Sawit Mas Sejahtera (SMS) yang tergabung dalam Serikat Butuh Perkebunan Kelapa Sawit (SBPKS) di perusahaan perkebunan sawit terbesar di kawasan Kikim Area, Kabupaten Lahat tersebut beberapa waktu lalu, maka pihak manajemen perusahaan mengeluarkan kebijakan dengan memberhentikan sebanyak 49 Petugas Keamanan (Scurity), tanpa kompromi dan terkesan pemutusan hubungan kerja (PHK) secara sepihak.

IMG-20170701-WA0052

Informasi yang terhimpun, ke 49 PK yang kena PHK tersebut merupakan karyawan yang sudah lama mengabdi, bahkan sudah bisa dikatakan karyawan tetap. Hal ini seperti yang diutarakan oleh Ketua SBPKS, Fauzi Azwar pada awak media. Oleh sebab itu, puluhan karyawan melakukan penghadangan dan memblokade mobil angkutan buah sawit yang akan menuju ke pabrik CPO PT SMS.

“Kami kecewa atas tindakan pihak perusahaan ini. Makanya, sebagai bentuk solidafitas dan perjuangan kami di organisasi ini, kami mencegat mobil angkutan buah sawit yang melintas di akses jalan depan menuju pabrik”, kata Fauzi, Sabtu (1/7/17), saat dibincangi di lokasi blokade.

IMG-20170701-WA0061

Ironisnya lagi, terang Fauzi, PHK ini baru diketahui sejak 2-3 hari lalu, denhan tanpa ada basa basi lagi. Terlebih pinak perusahaan tidak memberikan keterangan rinci tentang penyebab PHK yang sepihak tersebut.

“Kita minta agar pihak perusahaan berlaku dan bersikap adil, jangan kami sebagai karyawan selalu dianggap spele dan diperlakukan semena mena seperti ini” imbuh dia.

Di lokasi yang sama, Sobrianto selaku sekretaris SBPKS, pun menambahkan, jika pihak perusahaan tidak memberikan kebijakan yang adil, maka tidak menutup kemungkinan pihaknya akan melakukan aksi secara besar-besaran.

“Ya, kalau memang pihak PT. SMS tidak mengindahkan tuntutan dari aksi kami ini, maka minggu depan kami akan menggelar demo ke pihak pemerintah daerah DPRD Kabupaten Lahat. Bahkan surat pemberitahuan ke berbagai pihak terkait juga sudah kami layangkan”, tandas Sobri.

Terpisah, hingga berita ini ditayangkan pihak media sudah berupaya untuk mengkonfirmasi pihak manajemen PT. SMS, namun setelah ditanya melalui pesan singkat di celluler kepada Hamdan dan Wawan selaku HRD, belum ada jawaban.

Tampak di lokasi, dengan dikawal oleh pihak TNI dan kepolisian setempat, puluhan karyawan ini dengan tertib mencegat setiap armada angkutan buah sawit yang akan masuk ke lokasi pabrik, dan tidak ada tanda tanda aksi aksi anarki yang dilakukan. 

Editor : Yadi

Lihat Lainnya

PhotoGrid_1519014254090

USAI PESTA, PEMUDA INI DITEMUKAN TEWAS TERGANTUNG

Author : Tim LhL KIKIM TENGAH, LhL – Entah apa penyebabnya, namun malang bagi Sopian …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!