Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kikim Barat / HARISON MANFAATKAN LAHANNYA UNTUK BERTANI DAN TERNAK KAMBING

HARISON MANFAATKAN LAHANNYA UNTUK BERTANI DAN TERNAK KAMBING

MERAPI BARAT, LhL – Dalam rangka  untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya Harison warga Desa Lubuk Kepayang Kecamatan Merapi Barat mengandalkan bercocok tanam sayuran sebagai sumber pendapatan, disamping cocok tanam dirinya juga berternak kambing dan ayam disekitar lokasi kebun sayuran, selain memberikan keuntungan lebih besar, sayuran juga lebih singkat masa panennya.

“Saya biasanya bercocok tanam jagung, kacang panjang, pare, timun, kangkung dan bayam. Karena tanaman tersebut dapat dipanen dalam waktu beberapa bulan saja,” kata Harison saat diwawancarai wartawan LhL.

Baca Juga  ANGGOTA PWI DAN WAKO PAGARALAM "ADU BETIS"

IMG-20160819-WA0001

IMG-20160819-WA0002

Harison mengatakan, bercocok tanam sayuran menjadi andalannya disamping melakoni kebon karet, sebab kalau sayuran masa panennya cepat peminatnya juga banyak, seperti jika pada saat masa panen untuk pemasarannya juga cepat, tengkulak siap menampung sebanyak mungkin sayuran yang dipanen.

IMG-20160819-WA0003

IMG-20160819-WA0004

IMG-20160819-WA0005

Ia mengatakan, menekuni bercocok tanam sayuran ini banyak tantangannya, terkadang serangan hama dan penyakit serta iklim yang kurang mendukung menjadi kendala dilapangan mesti di beri pupuk, penyemprotan hama, dan menyiramkan air agar sayuran tidak layu akibat cuaca.

Baca Juga  HPN 2023 : Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Siap Sukseskan Ekspedisi Toba

“Awalnya memang kesulitan tetapi dengan banyak bertanya sama orang yang memahami serta terus belajar akhirnya berhasil mengembangkan tanaman sayuran seperti kangkung dan bayam,” terangnya.

 

 

Naskah / Photo (Iin / mema’ul Merapi)
Editor (Nopiriadi)

Check Also

Air Sungai Kikim Meluap, Akses Jalan Jadi Lumpuh

Athour : Lili Hartati KIKIM BARAT, LhL – Air Sungai Kikim meluap hingga melumpuhkan sejumlah …

SMM Panel

APK

Jasa SEO