Home / LAHAT FOKUS / Pagar Gunung / DESA GERMIDAR ILIR BANGUN SPAL BAGI WARGA

DESA GERMIDAR ILIR BANGUN SPAL BAGI WARGA

PAGAR GUNUNG, LhL – Pentingnya pembuatan saluran pembuangan air limbah (SPAL) di setiap desa yang mempunyai aliran air induk tempat mandi, cuci piring, cuci pakaian dan sebagainya. Selama ini memang sudah banyak aliran air limbah, yang mengalir di satu siring. Hingga di dalam desa sudah banyak bisa menimbulkan penyakit dan mengganggu kesehatan bagi masyarakat itu sendiri.

IMG-20160806-WA0007

Seperti hal yang telah di lakukan oleh masyarakat Di Desa Germidar Ilir Kecamatan Pagar Gunung yang mana saat ini masyarakatnya merubah segala hal cara untuk mengatasi bagaimana supaya aliran air limba bekas mandi di induk pam Desanya tidak mengandung penyakit lagi dan masyarakat bisa hidup sehat.

Dalam hal ini, cara yang telah di lakukan oleh masyarakat Desa Germidar Ilir melakukan pembangunan siring aliran air limba masyarakatnya, gunanya untuk memperlancarkan air yang mengalir di siring tersebut. Pembangunan ini, langsung di laksanakan oleh masyarakat sendiri.

IMG-20160806-WA0008

Yusta heri (38) Salah satu orang yang mengawasi dan mengatur pekerjaan ini mengatakan, Dulu aliran air limba ini memang sangat kotor sehingga bisa menimbulkan segala macam penyakit dan itu bisa mengancam kesehatan masyarakatnya. “Kan air yang mengalir ini tidak sampai ke pembuangannya hanya tergenang di tengah siring saja sehingga sampah banyak berserokan di dalam siring tersebut. Maka dari itu, kami masyarakat bekerja sama dengan Kades supaya siring ini di bangun saja permanen untuk melancarkan air yang mengalir. Alhamdulilah, saat ini pembangunannya sudah di mulai”, katanya.

Sementara itu dia juga menjelaskan, bahwa pembangunan aliran ini di bangun atas kekompakan masyarakat dan di bagi 5 kelompok supaya adil. Di setiap kelompok tidak bisa di tentukan berapa orang dalam satu kelompok, di karenakan di setiap kelompok mempunyai anggota pekerja yang berbeda. “Bangunan siring ini kami bagi satu kelompok 10 meter, nah jadi dalam pembangunan siring ini di bangun dengan panjang 50 meter”, jelasnya.

Sementara itu, para pekerja bangunan siring aliran air limbah masyarakat ini masih dalam proses pembangunan. Namun saat ini, yang di dahulukan di bangun di permukaan pinggir jalan lintas motor dan mobil. Karena siring yang berdekatan dengan jalan inilah yang sering tergenang sampai bisa mengalir ke jalan tersebut. Maka dari itu, masyarakat mendahulukan pembangunan ini dulu.

Photo/Naskah : (MAN)

Lihat Lainnya

IMG-20190812-WA0052

BUPATI LAHAT BUKA TURNAMEN KEJUARAAN BOLLA VOLLY KORCAM PAGUN

Author : Ganda Coy PAGAR GUNUNG, LhL – Bupati Lahat Cik Ujang SH, didampingi Wakil …

error: Content is protected !!