Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Agung / WARGA DIMINTA WASPADAI PRAKIRAAN POTENSI HUJAN LEBAT DI WILAYAH INDONESIA

WARGA DIMINTA WASPADAI PRAKIRAAN POTENSI HUJAN LEBAT DI WILAYAH INDONESIA

“ DALAM TIGA HARI KE DEPAN (17 – 20 JUNI 2016)”

KOTA AGUNG, LhL – Dari prakiraan kondisi cuaca dan atmosfir, terlihat beberapa indikasi yang menunjukkan munculnya potensi curah hujan lebat di ebebrapa bagian wilayah Indonesia. Kondisi masih hangatnya suhu muka laut di atas normal perairan Indonesia barat, salah penyebab masuknya aliran massa udara basah dari samudera India di  maritim kontinen Indonesia, serta  lemahnya aliran masa udara dingin daratan Autralia di wilayah Indonesia, diperkirakan memberikan kontribusi pada peningkatan curah hujan.

Selain itu, Kapolsek Kota Agung,  AKP Lukman Hakim, SH, Msi, menghimbau kepada masyarakat Koata Agung, khususnya. Agar tetap selalu waspada dengan kondisi cuaca selama beberapa hari kedepan. Sebab berdasarkan perhitungan para ahli, dengan adanya daerah perlambatan, pertemuan dan belokan angin di wilayah Sumatera dan Kalimantan, dapat  mengakibatkan kondisi atmosfir menjadi tidak stabil, sehingga meningkatkan potensi petir dan angin kencang.

Baca Juga  Satu Rumah dan Dua Sepeda Motor Ludes Dilhap Sijago Merah

Dari kondisi tersebut, kata dia. Beberapa wilayah di Indonesia diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas yang cukup tinggi, antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta,  Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku dan Papua.

Untuk itu Kapolsek Kota Agung AKP H.Lukman Hakim SH,M,SI menghimbau kepada  masyarakat yang ada di seluruh Kecamatan Kota Agung, agar meningkatkan kewaspadaan pada potensi bencana yang dapat ditimbulkan. Seperti banjir- banjir bandang, tanah longsor, genangan air dan pohon tumbang serta bagi operator jasa transportasi laut juga dapat mewaspadai potensi hujan lebat dan gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di perairan selatan Sumatera, Jawa hingga Bali-NTT. “Kami menghimbau kepada masyarakat yang ada di seluruh Kecamatan Kota Agung supaya bisa lebih waspada akan adanya perubahan cuaca ini, Sesuai informasi yang sudah kami dapatkan kami juga ingin memberi tahu masyarakat lewat media Lahathotline nanti kita bersama~sama menjaga dan waspada lagi untuk kedepannya”, imbaunya AKP Lukman, Jum’at (17/6).

Baca Juga  Puskesmas Kota Agung Laksanakan Vaksinasi Covid- 19 Pada Petugas Kesehatan

Photo/Naskah : (MAN)

Check Also

Jum’at Curhat di Kota Agung, Polres Lahat Sampaikan Empat Poin Kegiatan

Author : Ujang/Humres KOTA AGUNG, LhL – Hari ini, Jum’at 26 Januari 2024, bertempat di …

SMM Panel

APK

Jasa SEO