Home / Hukum & Kriminal / OPERASI PATUH TAK PANDANG BULU
OPERASI PATUH JAYA 1

OPERASI PATUH TAK PANDANG BULU

  • PETUGAS TEMUKAN 48 PELANGGARAN

Operasi Patuh Jaya 2016, hari ini Rabu (18/5) yang merupakan hari ke dua, Pantauan dilapangan, para petugas gabungan, dari Satlantas Polres, Dishubkominfo, dan juga Subdenpom II Lahat melaksanakannya di kawasan depan Balayasa, mendata sedikitnya 48 pelanggaran, dengan berkas bukti pelanggaran (Tilang) yang dikeluarkan. Bahkan petugas tak pandang bulu, mulai dari masyarakat sipil, hingga pada oknum anggota Polisi ataupun TNI sekalipun, satu persatu diperiksa kelengkapan berkendara.

OPERASI PATUH JAYA 2

LAHAT, LhL – Kapolres Lahat, AKBP Rantau Isnur Eka Sik, melalui Kasatlantas, AKP Dani Prasetya SIK  mengatakan, bahwa sejauh ini operasi patuh jaya 2016 terbilang sukses tanpa kendala yang berarti, Kendati demikian, para petugas masih saja menjumpai banyak warga pengguna jalan yang harus ditindak dan diberikan sanksi. “Kita bersyukur, operasi sudah efektif dilaksanakan, untuk hari ini sengaja kita mengambil jalur kota. Sebab jalur ini disinyalir masih sering ditemukan pengendara mobil atau motor yang melakukan pelanggaran,” kata Dani.

Selain para anggotanya, lanjut Dhani. Operasi patuh jaya  ini, juga melibatkan Dishubkominfo dan jajaran Subdenpom Lahat. Dimana tujuannya kali ini adalah untuk benar-benar menegakkan aturan sepenuhnya, dibidang lalulintas atau yang lainnya dilapangan, tanpa pandang bulu. Jangankan orang sipil biasa, kepada pihak anggota kepolisian atau juga TNI, tim gabungan akan memeriksa satu persatu kelengkapan berkendaranya, tanpa terkecuali.“Mau masyarakat umum, atau bahkan pula kepada anggota TNI dan Polri dilapangannya tetap kami lakukan pemeriksaan berkendaranya. Jika terbukti dan diketahui melakukan pelanggaran, maka tak segan kita akan menindaknya,” ungkap Dani lagi.

Sementara Dansubpom IIA Lahat, Kapten CPM Edison Sihalolo juga membenarkan pernyataan Kasatlantas sebelumnya. Dimana dilapangan, pihaknya juga ikut serta aktif dalam memeriksa atau mengecek kelangkapan-kelengkapan berkendara, khususnya kepada oknum-oknum anggota TNI. Nah, jika memang ada yang kedapatan melakukan pelanggaran, secara kedinasan, akan ditegur pihak Denpom, dan secara umum, juga akan ditindak oleh Satlantas. “Secara kewenangan umum, pelanggaran mereka jadi kewenangan Satlantas. Nah, jika untuk peneguran atau bahkan penindakannya secara kedinasan, bagi siapapun oknum anggota TNI yang sala, juga jelas akan dilakukan penindakan tegasnya,” beber Edison menegaskan.

Menurut dia, pada operasi patuh jaya 2016 kali ini, terang dia. Sedikitnya petugas Satlantas atau petugas mendata sebanyak 96 berkas penindakan, yang meliputi fisik kendaraan sebanyak 16 unit, surat izin mengemudi (SIM) roda 2 sebanyak 7 pucuk, SIM roda 4 sebanyak 3 pucuk. Kemudian, untuk surat tanda nomor kendaraan (STNK) roda 2 sebanyak 19 pucuk, STNK roda 4 sebanyak 1 pucuk, serta STNK roda 6 sebanyak 2 pucuk. “Semua berkas pelanggaran akan dicatat, untuk kemudian masing-masing mereka akan dijatuhi hukuman sesuai tingkat kesalahan,” tandas Edison.(SON)

Lihat Lainnya

IMG-20191115-WA0009

BANGUNAN PERMANEN SAMPING BANK MANDIRI DISOAL

Diduga Melanggar Perda Tata Ruang. Author Din LAHAT, LhL – Sebuah bangunan kios permanen dengan …

error: Content is protected !!