Home / Hukum & Kriminal / KEMBALI GELAR OPERASI PATUH
operasi

KEMBALI GELAR OPERASI PATUH

  • SATLANTAS POLRES LAHAT GANDENG DISHUBKOMINFO

LAHAT –

Masih minimnya kesadaran masyarakat Kabupaten Lahat, dalam hal tertib berlalu lintas, membuat pihak Kepolisian Resort (Polres) Lahat kembali menggelar kegiatan Operasi Patuh 2016. Menariknya pada operasi patuh ini, pihak Polres Lahat juga melibatkan pihak  Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Kodim 0405, dan juga Subden POM Lahat.

Operasi patuh ini telah dilaksankan selama 14 hari., terhitung sejak hari ini hingga tanggal 29 Mei mendatang. Adapun tujuannya adalah untuk memperlancar arus lalu lintas dan menekan angka kecelakaan serta pelanggaran lalulintas di Kabupaten Lahat.

Menurut Wakapolres Lahat, Kompol Khairul, target utama operasi ini memang masih seputar para pengguna jalan raya. Seperti untuk pengendara motor, kesalahan kesalahan yang  akan dikenai tilang, diantaranya kelengkapan surat-surat kendaraan, pengendara yang melawan arus, plat motor tidak sesuai dengan aslinya, tidak memakai helm, dan lain lainya yang berkaitan dengan pelanggaran lalulintas.“Sejauh ini, di wilayah Lahat sendiri untuk kategori pelanggaran lalulintas bisa dikatakan masih tinggi. Ini adalah target utama kita, disamping memang juga untuk menekan angka kriminalitas jalanan yang ada,” tegas Khairul Saleh, dalam instruksinya.

Khairul mengakui, untuk lebih mengefektifkan jalannya operasi ini sendiri, kata dia. Pihaknya meminta bantuan dari pihak terkait lainnya. Dimana nantinya dilapangan, saat razia, jika  ada pengendara angkutan umum atau yang lainnya berperilaku seenaknya, seperti angkot atau angdes menaik turunkan penumpang sembarang, ini akan di tindak oleh Dishubkominfo, dan jika ada anggota TNI yang melanggar peraturan lalulintas, maka itu tugas dari Subdenpom yang akan menindak. “Kita tetap sesuai peranan awal, mengawasi dan memeriksa semua kelengkapan berkendara, terbukti ada pelanggaran, akan kita tindak sesuai aturan yang ada,”terangnya.

Sementara itu, Dansubdenpom II Lahat, Kapten CPM Edison Sihaloho menyambut baik kegiatan tersebut. Menurut dia, pihaknya akan selalu siap mendukung dan menyukseskan operasim patuh, demi terciptanya suasana aman, tertib dan lancar, dan juga penegakan  kedisiplinan berlalulintas oleh pihak manapun.“Kita jelas akan dukung operasi patuh ini. Kalau nanti memang ada oknum anggota TNI yang melanggar, kita akan tindak sesuai aturan kemiliteran maupun aturan saecara umum,” tandas Kapten TNI yang dikenal sangat tegas ini.. (RON)

Lihat Lainnya

20191114_200131

KECELAKAAN MAUT KEMBALI TERJADI, DUA KORBAN MENINGGAL

Author : Ron LAHAT, LhL – Kecelakaan maut kembali terjadi di Jalan lintas sumatera, tepatnya …

error: Content is protected !!