Home / Hukum & Kriminal / DITANGKAP USAI “MENGECOH” PETUGAS

DITANGKAP USAI “MENGECOH” PETUGAS

Kabur Dari RSUD, Tertangkap di Kampung Halaman

LAHAT-
“Sepandai pandainya Tupai melompat, namun tetap akan mengalami jatuh”. Pepatah ini layak disandang oleh HD (22), seorang pelaku pencurian dan pemberatan (Curat) disejumlah tempat kejadian perkara (TKP) di wilayah hukum Polres Lahat. Betapa tidak, warga Desa Pagar Jati, Kecamatan Kikim Selatan yang memang sudah lama masuk Daptar Pencarian Orang (DPO) tim Buser unit Pidum, Satreskrim Polres Lahat ini, tertangkap setelah dirinya lari dari RSUD Lahat dan mengecoh petugas dengan pulang ke kampung halamannya, di Desa Pagar Jati pada Sabtu (7/5) malam.

        Menurut Kapolres Lahat, AKBP H Yayat Popon Ruhiyat, SIK, melalui Kasat Reskrim AKP Arif Mansyur, penangkapan terhadap HD berdasarkan banyak laporan masyarakat akan makin maraknya kasus pecah kaca di beberapa Masjid dalam Kecamatan Kota Lahat. Hal ini membuat Arif berusaha mengungkap kasus ini dan menjadi prioritas utama. “Setelah dilakukan upaya. Alhasil, ada kecurigaan bahwa pelaku menggunakan motor CBR 150 warna hitam. Setelah lakukan penyelidikan lebih lanjut, diketahuilah bahwa pelaku adalah DPO kasus Curanmor tahun 2015”, ujar Arif, saat dihubungi via WhatsApp, Minggu (8/5) kemarin.

Baca Juga :  SERIUS TANGANI COVID-19 POLRES PAGARALAM GELAR RAPAT EVALUASI YUSTISI

      Setelah dilidik, lanjut dia. Keberadaannya HD ternyata sedang dirawat di RSUD Lahat karena mengalami Lakalantas didaerah Kikim Selatan. Karena belum diperkuat oleh barang bukti (BB), dirinya langsung perintahkan tim buser untuk mencari BB berupa motor CBR terlebih dahulu. Setelah ditelusuri di dapatlah motor yang disembunyikan di Desa Tanjung Alam, Kecamatan Kikim Selatan. Setelah pasti itu adalah motor yang digunakan HD, barulah tim buser menuju ke RSUD. Namun, tiba di RSUD pelaku telah melarikan diri tanpa sepengetahuan dokter. “Anggota kita tak menyerah, dan berhasil menangkap pelaku di kawasan Desa Pagar Jati, Kecamatan Kikim Selatan. HD kemudian langsung kita gelandang ke Mapolres Lahat”, ungkapnya.

Baca Juga :  JADI KHOTIB DI MASJID BAITURRAHMAN INI PESAN AIPDA IMAN SETIAWAN

      Dihadapan petugas, HD mengaku telah melakukan sejumlah perkara curat (pecah kaca) di sekitar Masjid Nurohman Lembayung Lahat. dengan nomor : LPB/132/IV/2016/Sumsel/res lahat. 19 april 2016. Korban An. M. Iqbal Tri Rachdian Bin Abdulrahman. Adapun jenis mobil yang dirusak dengan memecah kaca mobil Toyota Inova warna Silver. Modusnya pelaku menggoreskan serpihan atau pecahan keramik insolator busi.

     Dan untuk TKP lainnya, di halaman Masjid Muhajirin simpang vetran lahat sesuai dengan nomor : LPB/150/IV/2016/ sumsel res lahat. Tgl 28 april 2016. Selanjutnya sepeda motor yang di gunakan pelaku utk dua TKP pada saat itu, adalah sepeda motor jenis honda CBR warna hitam dgn no. Pol : B 4697 TGY dengan ciri ciri terdapat tempelan stiker warna hijau bertuliskan “brotherhood forever” yang sekarang sudah disita petugas sebagai BB, sehingga korban mengalami kerugian kurang lebih 9 juta rupiah.

    Disebutkan Arif, untuk kejahatan lain yang telah dilakukan tersangka adalah pencurian sepeda motor Yamaha Mio Sporti warna biru dengan no. Pol : BG 2374 EH dengan nomor rangka : MH328D30cbj546613 dengan nomor mesin : 28D – 2546156 milik korban dikawasan Gelora Serame atas nama korban Wiwid Dewi Astuti Binti Sudarman. Saat itu, korban sedang menonton pertandingan bola volly yang berada di gelora serame lahat, dan sebelumnya korban memarkirkan sepeda motornya di samping lapangan bola voly. Saat itulah para tersangka melakukan pencurian membawa motor yang sedang terparkir dengan cara merusak kunci lalu membawa kabur sepeda motor tersebut. “Tersangka kita tahan guna pengembangan kasus, dan dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan. Sedangkan tersangka lain, rekan HD yang masih buron adalah BN, RK, dengan 6 BB yang tersisa, yaitu 1 unit sepeda motor Yamaha Mio sporty warna biru sudah di limpahkan ke kejaksaan, selanjutnya MR (sudah vonis PN). (Jeck)

Baca Juga :  PELAKU TINDAK PIDANA BERHASIL DIAMANKAN OLEH POLSEK PAGARALAM SELATAN

Check Also

POLRES LAHAT UNGKAP KASUS PEMBUNUHAN WANITA DI PAJAR BULAN

Author : Ujang LAHAT, LhL – Kinerja Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono SIK beserta …

error: Content is protected !!