Home / Kec. Lahat / MEMIMPIN TAK KENAL LELAH
KK

MEMIMPIN TAK KENAL LELAH

L1

  • H ASWARI TERUS BERBUAT UNTUK RAKYAT

LAHAT, LhL –      Sosok seperti Bupati Lahat, H. Saifudin Aswari Riva’i, SE, merupakan seorang  pemimpin yang patut diacungi jempol. Hal ini seperti yang terpantau dari kegiatannya yang tak pernah mengenal lelah, apalagi jika kegiatan tersebut berbuat untuk rakyat.

Dari masyarakat Kabupaten Lahat misalnya, dari ratusan desa yang tersebar di kecamatan yang ada di Bumi Seganti Setungguan ini telah dimasukinya selama dirinya memimpin Kabupaten Lahat sejak tahun 2008 silam. Bahkan mulai dari orangtua, remaja, anak anak sekalipun telah sangat mengenal sosok pria yang akrab disapa Aswari ini. Terlebih lagi, orang yang nomor satu dijajaran partai Gerindra di Sumatera Selatan ini, dikenal sebagai poemimpin yang sangat dekat dengan rakyatnya.

Pada hari Kamis tanggal 21 januari 2016 lalu, H. Aswari saat berada di Jakarta menerima bantuan 3 unit mobil Bus angkutan umum dari Dirjend Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. “Saya merasa bangga dan senang atas kinerja Pemkab Lahat yang bisa mendapatkan bantuan Bus Angkutan Kota, diharapkan dengan mendapatkan bantuan Bus Angkutan Kota ini bisa menjadi alat transportasi yang efektif bagi masyarakat Kabupaten Lahat. Saya juga berharap kita bisa menjaga apa yg telah diberikan oleh pemerintah pusat khususnya Kementerian Perhubungan RI ini ” ujar H. Aswari usai menerima bantuan mobil tersebut.

Kec.Gumay Talang dan Desa Gunung Kembang Kecamatan Kikim Timur. Dalam kunjungannya meninjau lokasi banjir & sekaligus menyambangi para korban, Bupati Lahat didampingi oleh Kapolres Lahat, Dandim 0405 Lahat, Unsur SKPD di lingkungan Pemkab Lahat, juga langsung melakukan pengecekan ke dapur umum yang disediakan khusus bagi korban banjir. “Sungai Kikim ini memiliki karakteristik dasar sungai yang keras, bagi masyarakat yang berada dipinggiran sungai diharapkan melakukan musyawarah terlebih dahulu sebelum direlokasi. Bagi masyarakat yang sudah mau direlokasi akan segera dilakukan dan diharapkan kepada dinas-dinas terkait untuk bisa cepat tanggap darurat dalam mengatasi bencana ini. Ia meminta kepada Dinas Kesehatan dan beberapa dinas terkait untuk bersama-sama mengatasinya.

Seperti dikatakannya, H. Aswari, tak kenal lelah mberbuat untuk rakyat. Kegiatan dibidang olahraga pun selalu di suportnya. Hal ini terlihat saat Bupati yang sangat penyayang ini menghadiri penutupan Kejurda HIMSSI Bupati Lahat Cup I Th. 2016. Yang juga dihadiri oleh Ketua HIMSSI Sumsel, Kepala Dinas Pemuda & Olahraga, Asisten 1 & 2, Staf Ahli, Unsur SKPD, Dewan Juri serta Para Atlet HIMSSI Kabupaten/ Kota yang mengikuti kejurda ini. “Kami pemerintah Kabupaten Lahat sangat mengapresiasi kegiatan ini. Saya mengharapkan kegiatan ini bisa menjadi ajang tahunan dan bisa memacu semangat para atlet dalam mempersiapkan diri ke Porprov Sumsel th.2017 di Kabupaten.Muara Enim.  Satu hal penting, olahraga ini bisa membentuk karakter atlet itu sendiri, agar memiliki jiwa sportivitas dan mampu bertahan dalam hidup serta memiliki daya saing”, ucapnya.

Kesesokan harinya, orang nomor dsatu di Kabupaten Lkahat ini langsung memberikan bantuan bagi korban banjir di Desa Gunung Kembang Kecamatan Kikim Timur. Dalam kunjungan ini H. Aswari didampingi oleh Ketua DPRD Lahat, Kapolres Lahat, Dandim 0405 Lahat dan Unsur SKPD Kab.Lahat serta Camat dan Kades. Kunjungan ini dilakukan dengan maksud untuk menyerahkan bantuan kepada korban banjir yang terjadi beberapa hari yang lalu. Untuk bantuan ini sendiri dikategorikan mulai dari berat, sedang dan ringan. Adapun bantuan yang didapatkan oleh korban banjir yaitu : 1. Kelas Berat : uang sebesar Rp.15 juta. 2. Kelas Sedang : uang sebesar Rp. 7,5 juta. 3. Kelas Ringan : uang sebesar Rp. 3 juta “Atas nama pemerintah Kabupaten Lahat dan saya pribadi, sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penanggulangan bencana ini. Baik itu dari pihak DPRD Lahat, Polres Lahat, Kodim 0405 Lahat, BPBD Lahat, Dinas Sosial dan beberapa relawan tanggap darurat bencana. Walaupun bantuan itu tidak terlalu besar namun setidaknya dapat membantu korban banjir untuk memperbaiki kerusakan yang dialami. Untuk itu kita harus saling menguatkan satu sama lain, untuk kedepannya nanti diharapkan kepada warga yang berada dipinggiran sungai agar bisa direlokasi. Namun semuanya itu harus berdasarkan musyawarah masyarakat dan tentunya demi keselamatan masyarakat:, Jelasnya saat itu.

Selang beberapa hari, tepatnya pada tanggal 26 Januari 2016 lalu. Disela kegiatannya Bupati Lahat mengunjungi PT.Green Lahat yang berada di Desa Singapure Kecamatan Kota Agung. Kunjungan ini didampingi oleh Unsur SKPD terkait dan unsur Tripika Kecamatan serta Camat Kota Agung serta Kades setempat, yang bertujuan untuk meninjau dan bertatap muka dengan mahasiswa AKN Lahat yang melakukan kegiatan praktek kerja lapangan serta silaturahmi dengan pihak PT.Green Lahat. “Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini begitu baik bagi mahasiswa, karena selama ini hanya teori yang mereka pelajari. Dan sekarang mereka bisa mempraktekkan semua pelajaran yang telah mereka dapatkan. Untuk mahasiswa agar benar-benar serius dalam setiap pelajaran karena kedepannya nanti akan begitu banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli dibeberapa bidang. Pemerintah Daerah sendiri akan sepenuhnya mendukung untuk kemajuan, baik itu di bidang pembangunan maupun pendidikan karena semakin lama sumber daya manusia dituntut dapat bersaing”, harapnya.

Sepertinya Bupati Lahat ini memang patut untuk disebut sebagai pemimpin yang merakyat. Kelang beberapa hari meninjau lahan di Tebing Panjang Kecamatan Tanjung Tebat, Tujuan dari peninjauan lahan ini didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian, BLH Lahat, dan Camat Tanjung Tebat serta Kades setempat.

Tujuan dari peninjauan ini adalah mengajak kelompok tani yang berasal dari Martapura Kabupaten OKU Timur yang nantinya akan disosialisasikan kepada masyarakat setempat supaya bisa belajar dari mereka. Setelah berhasil diharapkan bisa membantu perekonomian masyarakat yang berada disekitar lokasi tersebut. Bupati Lahat juga mengapresiasi kegiatan ini dengan siap untuk membantu agar lahan di tebing panjang kecamatan Tanjung Tebat menjadi bermanfaat bagi masyarakat banyak. “Untuk lahan sendiri mempunyai luas sekitar 100 hektar yang akan dimulai pengerjaannya secara bertahap”, kata dia.

Belum habis rasa capeknya, setelah melayat di Desa Bungaman, Kecamatan Kikim Timur, H. Saifudin Aswari Riva’i.SE  Bersama Sekretaris Daerah  (Sekda) Lahat. Nasrun Aswari.SE. MM dan rombongan Kepala BKD Lahat, Kadis Pertenakan dan Perikanan, Serta Kasat Pol PP meninjau Masayarakata Desa Lubuk Atung, Muara Cawangfdan Desa Bemban, Kecamatan Peseksu, melakukanpeninjauan terhadap masyarakat yang sedang bergotong royong bersama, yang lanjutkan dengan penyerahan bibit ikan, serta komunikasi dengan masyarajkat, yang dipusatkan di Dusun III Bemban. Pada Senin (1/2) 2016. “Terima kasih kepada masyarakat  Desa Lubuk Atung, Bemban dan Muara Cawang yang sudah melakukan kegiatan goyong royong. Ini merupakan bentuk kebersihan lingkungan desa ini menjadi rapi dan indah, jangan nak ado bupati nian kalian harus bersihkan ini, dan tetapi saya senang dengan kebersamaan masayarakat disini untuk membersikan desa kalian”, tandasnya, sembari menanggapi beberapa usulan masyarakat desa itu untuk direalisasikan. (Tim LhL)

Lihat Lainnya

IMG-20181017-WA0044

BULOG LAHAT MENYELENGGARAKAN GERAKAN STABILISASI HARGA PANGAN

Author : Ferdy LAHAT, LhL – Terpantau pada Rabu (17/10/18), pihak Badan Usaha Logistik (Bulog) …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!