Home / REGIONAL / ENTERPRENEURSHIP LEADER
wari. motor

ENTERPRENEURSHIP LEADER

Kak Wari, begitu pria yang menjabat sebagai Bupati Lahat yang merakyat ini biasa disapa oleh kalangan kawula muda. Sejak mempimpin di Bumi berjuluk “Seganti Stungguan” ini, ia terus berupaya membangun dan memajukan daerahnya dengan cara melibatkan partisipasi seluruh elemen masyarakat, stakeholders, dan membangkitkan semangat wirausaha rakyat.

<> H. ASWARI RIVA’I, SE : PEMIMPIN HARUS JADI TAULADAN

motorcikle

PALEMBANG, LhL – Kabupaten Lahat, merupakan daerah perlintasan yang cukup strategis di jalur jalan lintas tengah melalui Bakauheni, Bandarlampung, Baturaja, Muaraenim, Pagaralam, Lubuklinggau, Jambi, Padang hingga tembus ke wilayah Sumatera Utara. Di musim hujan, jalanan Lahat rentan rusak, bahkan tak jarang longsor pun akan terjadi.

Kondisi alam seperti ini, menjadi tantangan tersendiri bagi H. Aswari Riva’i, SE untuk membangun dan memperbaiki infrastruktur di wilayahnya. Dengan memperbaiki kondisi jalan, Kak Wari membuka akses dan kemudahan aktivitas perekonomian warganya. “Jalan yang bagus tentunya nyaman dan aman untuk dilintasi dan dilewati,” kata Kak Wari yang ditemui pewarta, saat mengikuti Rolling Thunder mengendarai motor besar Harley-Davidson dalam acara Sriwijaya Bikers Party di Kota Palembang.

Dalam kesempatan kali ini, Kak Wari mendampingi Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin untuk berkeliling kota sambil menikmati jalan yang bagus dan mulus hasil dari keberhasilan pembangunan, bersama bikers Harley-Davidson saat itu.

Tak dapat dipungkiri, lelaki kelahiran Lahat 20 Oktober 1963 ini terkenal sangat dekat dengan masyarakat setempat. Hal ini dikarenakan dirinya memang gemar bergaul langsung dengan rakyatnya. Bahkan dirinya suka bertatap muka, mengunjungi 19 wilayah kecamatan yang mencakup 528 wilayah desa dan kelurahan di daerahnya. Apalagi hobinya traveling dan mengendarai Harley-Davidson.  “Saya memang senang jalan-jalan bertemu dengan masyarakat dari berbagai kalangan. Kalau sedang punya waktu luang, saya naik Harley,” kata suami Raden Rukmi Kurnia Sismartianti ini.

Diketahui, sejak memimpin Kabupaten Lahat pada Tahun 2108 silam, Kak Wari terus berupaya membuka sekat-sekat birokrasi dan mengambil keputusan dengan bijak. Sebab ia pun terlahir dari keluarga  yang memang sudah berada yang mendidik kemandirian.

Dalam catatan sejarah hidupnya, Kak Wari pernah merantau ke Jakarta dan menjadi pengusaha di kawasan Tanah Abang, hingga akhirnya kembali ke kampung halaman dan menjadi bupati Lahat. Menurut Kak Wari, karena setiap pemimpin harus dapat memberi contoh yang baik untuk di tauladani.

Tak hanya itu, Kak Wari yang hobi olah raga menembak dan bela diri ini memiliki jiwa wirausaha yang kuat, karena ia memang seorang pengusaha.  Oleh sebab itu, ia berupaya membangun daerah Lahat agar maju dan semakin berkembang dengan membangkitkan semangat wirausaha masyarakat. Di daerah, sektor ekonomi, misalnya perdagangan menjadi bagian dari prioritas utama. sehingga taraf hidup kesejahteraan rakyatnya semakin meningkat.

Dibangunnya sejumlah jembatan, rumah sakit, drainase, sekolah tanpa bergantung pada dana APBD saja. Ini lantaran kepiawaian dirinya dalam  menggandeng berbagai pihak, stakeholders, untuk bersama-sama memajukan daerah dengan semangat enterpreneurship dan gotong royong. (Sumber : net/mba)

Lihat Lainnya

udin

PWI LAHAT IMBAU, WARTAWAN BUAT BERITA HARUS BERIMBANG

Author : Ron LAHAT, LhL -Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lahat Syafudin SH menghimbau kepada …

[Slideshow "iklan-mati-5" not found]
[Slideshow "slider-9" not found]
error: Content is protected !!